Ulasan Informatif Burung Cililin

 

 

Deskripsi :

Cililin adalah salah satu dari jenis burung eksotis yang dijadikan sebagai burung kicau peliharaan. Berikut ini ulasan lengkap terkait burung cililin pada artikel ini.

Artikel

Cililin atau yang dikenal dengan nama spesiesnya Platylophus Galericulatus adalah burung dengan tingkat kecerdasan dan stress yang tinggi. Burung ini juga dikenal mempunyai jiwa rivalitas yang tinggi dan mudah terpancing emosinya. Burung ini memiliki ciri kicauan yang tajam dan kasar. Untuk lebih lanjut mari baca ulasan lengkapnya terkait burung cililin pada artikel ini.

Eksplanasi Tentang Burung Jenis Cililin

Cililin merupakan burung yang masih berkerabat dengan jenis burung gagak. Burung ini memiliki kicauan yang bervariasi dan dapat bertahan dalam durasi yang panjang. Penasaran lebih lanjut terkait dengan burung ini maka dari itu kenali karakteristik burung cililin pada informasi dibawah ini.

  1. Profil Burung Jenis Cililin

Burung cililin adalah burung yang memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan  berat sekitar 78 sampai dengan 114 gram serta memiliki panjang tubuh sekitar 31 sampai 33 cm. Selain itu burung ini memiliki warna bulu coklat gelap dan abu-abu kehitaman dengan sedikit warna putih di bagian leher. Burung ini juga memiliki karakteristik jambul yang tegak lurus dan bagian mata yang berwarna merah coklat.

  1. Jenis Burung Jenis Cililin

Cililin merupakan burung yang tersebar di daerah dari mulai semenanjung Malaysia hingga Kalimantan utara. Untuk di daerah semenanjung malaysia tersebar sub spesies burung yakni malaccensis dan lemprieri. Sedangkan di daerah Kalimantan utara  dan daerah sekitarnya tersebar sub spesies seperti coronatur dan galericulatus.

  1. Habitat dan Gaya Hidup Burung Jenis Cililin

Burung ini hidup di daerah dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl. Burung ini hidup dalam kelompok kecil dan saling berpasangan satu sama lain. Burung ini juga sangat kompetitf dengan saling mengeluarkan suara keras satu sama lain.

  1. Perawatan Burung Cililin

Burung ini sangat mudah untuk dirawat dan tidak memerlukan perlakuan yang khusus. Perawatan burung ini ditujukan agar burung tidak stress dan menurun performa gacorannya. Burung ini dapat dirawat dengan membersihkan kandang, memandikan dan memberinya asupan makanan bergizi secara berimbang.

Burung cililin adalah burung kicau yang memiliki suara yang keras, nyaring dan panjang. Burung ini juga dapat dijadikan burung masteran kicau yang tidak kalah dengan jenis burung lain seperti kacer, murai batu dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebagai penikmat burung kicau, cililin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat anda ambil.

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *