Wisata Kulinar Jogja: Cobain 7 Aneka Makanan Khas Ini Yuk!

Yogyakarta atau Jogja merupakan tempat yang sangat ikonik di Indonesia. Jika kamu datang ke Jogja dengan keluarga atau komunitas kamu juga bisa menikmati paket wisata Jogja Selain menyimpan berbagai objek wisata, mulai dari wisata alam, religi, edukasi, hingga belanja, kota ini juga mempunyai beraneka macam makanan khas yang akan memanjakan lidah. Apa saja makanannya? Nah kali ini penulis akan berbagi informasi tentang beberapa makanan khas yang wajib Kamu coba, ketika berkunjung ke Jogja.

 

Gudeg

 

Nah ini tentu yang paling pertama dan utama dong? Karena memang nama lain dari Kota Jogja adalah Kota Gudeg, wah menarik bukan?. Apa sih itu makanan gudeg? Makanan ini memiliki bahan dasar nangka yang dikombinasikan dengan santan, nasi pulen, kuah opor, ayam kampung, telur, tempe, tahu, sambal goreng krecek serta beberapa teman lauk lainnya. Gudeg memiliki warna coklat yang berasal dari daun kelor. Hmmm lezat deh pokonya

 

Nah gudeg ini ada dua jenis, ada yang basah dan ada yang kering. Bedannya dari kedua jenis gudeg ini yaitu pada kekentala santa. Pada gudeg kering santannya akan lebih kental daripada gudeg basah. Dalam memilih dua jenis gudeg ini tergantung selera masing-masing orang ya. Rasa manis dan lezat dari gudeg pasti membuat Kamu ketagihan deh sekali nyobain makanan khas ikonik Jogja yang satu ini.

 

Bagi kalian para pendatang ke Jawa yang kurang suka dengan rasa manisnya di kebanyakan masakan jawa, terutama yang dibahas disini adalah makanan gudeg. Ternyata di Jogja juga terdapat beberapa tempat yang menjual gudeg dengan cita rasa pedas dan tidak terlalu manis. Jadi jangan cari alasan buat tidak nyobain gudeg karena terlalu manis ya?.

www.pexels.com

Bakmi Jawa

 

Bakmi jawa juga merupakan makanan yang wajib dicicipi ketika pergi ke kota Jogja. Orang Jawa pasti sudah gak asing ya dengan makanan yang satu ini? Yaps, Bakmi Jawa merupakan makanan dengan sajian mie yang disajikan dengan ayam atau daging serta sayur-sayuran lainnya. Bakmi jawa ini bisa dimakan kuah atau kering tergantung selera. Untuk harga bakmi jawa biasanya dibandrol dengan harga 15 ribuan, cukup murah bukan?

 

Sate Klathak

 

Sate Klathak merupakan kuliner khas Jogja selanjutnya yang berbahan utama daging kambing. Seperti halnya sate pada umumnya sate klathak dalam pengolahannya juga  diberikan bumbu sederhana, ditusuk dan dibakar di atas arang.   Namun yang bikin sate ini berbeda adalah tusukan besinya. Dengan menggunakan tusukan besi inilah yang membuat sate klathak menjadi matang secara lebih merata. Selain itu kwunikan lain dari sate ini yaitu dari cara penyajiannya yang biasanya disajikan dengan kuah gule.

www.pexels.com

 Sego Kucing

 

Sego kucing, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan idaman mahasiswa yang satu ini? Haha kenapa menjadi idaman? Karena selain murah, sego kucing juga terkenal dengan kelezatannya.  Sego atau nasi kucing ini adalahn sajian makanan yang berupa nasi dan dibungkus dengan daun pisang. Lauk pauk untuk sego kucing seniri mulai dari ikan teri, tempe, hingga daging ayam, dan sambal di bagian atasnya. Alasan makanan ini diberi nama sego kucing, karena memang porsi makan yang memang kecil untuk porsi kucing. Sego kucing di jogja terkenal dengan kelezatannya dan memiliki harga yang sangat murah, yaitu mulai dari 2 ribuan.

 

Sop Merah

 

Ketika jalan-jalan di Jogja bingung nih mencari menu sarapan yang menggugah selera? Tidak ada salahnya kamu nyobain makanan yang sau ini, yaitu sop merah. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1993 dan merupakani menu banyak  diminati wisatawan sejak dahulu hingga sekarang.

 

Sop merah ini memiliki cita rasa yang pedas dan memiliki cirri khas warna kuah yang merah. Isi dari sop merah ini mulai dari ayam, irisan wortel, kubis, daun bawang, serta bawang goreng yang sangat menggugah selera. Untuk harga dari sup merah ini, mulai dari 7 ribuan hingga 35 ribu, tergantung dengan isinya.

www.pexels.com

 Sogul (Sop dan Gulai Ayam)

 

Dari namanya kelihatan kekinian ya?, memang makanan ini merupakan makanan yang saat ini sedang kekinian di Jogja. Olahan dari sop dengan perpaduan gulai ayam membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan. Cita rasa dari makanan ini yaitu unik dan super pedas.

 

Sogul ini memiliki dua menu utama yang unik, yaitu balungan dengan kuah cokelat kemerahan dan balungan dengan kuah sop. Untuk tingkat kepedasannya, pengunjung bisa pesan ekstra cabai disesuaikan dengan selera masing-masing tentunya. Harga Sogul ini beragam mulai dari 11 ribu rupiah.

 

 Kopi Joss

 

Nah kalau tadi sudah membahas tentang makanan di Jogja, ada nih minuman yang jadi andalan di kota Jogja, apa itu? Yaps Kopi Joss. Kopi Joss ini merupakan sajian kopi hitam yang dalam proses pengolahannya diseduh dengan air yang mendidih, dicampur dengan gula. Nah yang menarik dan unik dari kopi ini adalah adanya tambahan arang panas yang dimasukkan ke dalam kopi. Hmmm unik bukan?. Nah nama kopi joss itu sendiri diambil dari suara arang saat dimasukkan ke dalam kopi yang memiliki bunyi “josss”. Ada-ada saja ya? Selain enak, ternyata kopi ini juga dipercaya dapat menghilangkan sakit perut.

 

Oke, itu di atas adalah beberapa kuliner khas Jogja yang bakal bikin kalian nyesel kalau gak nyicipin pas lagi berwisata ke Jogja. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih telah membaca.

 

About the Author

Wenquian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *